Side Ads

Resume Video “The Good Warriors of The Net”

Video simulasi yang berjudul The Good Warriors of The Net ini menjelaskan tentang perjalanan data saat kita browsing di internet, hingga data-data tersebut sampai di hadapan kita. Video ini memberikan penjelsan secara visual tetang proses pengirim
an paket data dari client ke server dan sebaliknya.
Sebagai gambaran umum,TCP/IP merupakan dasar dari pengiriman data tentunya dasar dari internet saat ini. Dalam prosesnya, data akan melalui beberapa tahap yaitu sebagai berikut:
·        Aplication
·        Transportation
·        Internet
·        Network Interface
Cerita berdurasi 13 menit inidiawali dengan pengenalan tokoh cerita, dari paket data, router, router switch, dan ping of death si pembawa traffic. Begitu pengguna internet mengklik suatu hyperlink maka ilustrasipun akan dimulai. Dalam network interface, data difragmentasi menjadi paket-paket data.. Untuk selanjutnya, paket data tersebut diberi cap ditiap tahapannya, dalam hal ini kepala dari paket data diberi cap TCP layer dan IP layer.
Paket data memulai perjjalanannya dari network interface, router, switch router internal lalu masuk ke dalam jaringan web atau internet. Perjalanan terlihat begitu berat. Dalam perjalanannya ia melalui jalan yang sangat panjang, bahkan melalui darat, laut, dan udara. Tapi tentunya lingkungan di luar kabel tidak mempengaruhi apa yang terjadi di sini.
Tibalah paket router ini di tempat router. Router memindahkan paket-paket data jika aliran data mengalami traffic tinggi. Ia memindahkan beberapa paket data melalui jalur lain. Jika aliran data benar-benar padat, kerusakan data mungkin saja terjadi karena tugas router menjadi sangat berat.
Paket data melanjutkan perjalanannya kembali. Kini paket masuk ke sebuah persimpangan, bertemu dengan router switch. Kemudian paket paket akan ditentukan ke mana ia akan pergi.
Paket data sudah hampir sampai tujuan. Paket sudah masu wilayah server sekarang. Ia sampai pada sebuah firewall. Beberapa data berbahaya seperti ping of death akan dihancurkan jika melewati tempat ini. Dan paket-paket data yang selamat tetap meneruskan perjalanannya.
Paket data selanjutnya melewati proxy sebuah server. Di sini terdapat beberapa pintu port. Misalnya 80 untuk halaman web, 25 untuk email, dan 21 untuk transfer protocol. Bagi data-data yang kriterianya sudah ditentukan akan hancur di sini. Misal saja proxy : cache ITB.ac.id port 8080 akan menolak data anime. Data tersebut tidak akan lolos pada tahap ini.
Setelah lolos barulah data mereka akan disatukan menjadi satu bagian yang utuh. Server me-reply apa yang diminta oleh pengguna internet melalui jalur yang sama. Data diafragma menjadi paket-paket, melalui router dan switch router, masuk ke dalam jaringan internet, bertemu dengan firewall ataupun proxy, dan masuk ke aplikasi pengguna internet. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Resume Video “The Good Warriors of The Net”"

Footer Ads