Side Ads

10 Robot Militer Masa Depan Yang Canggih

Jakarta - Robot berteknologi tinggi banyak dikembangkan oleh kalangan militer. Terutama militer Amerika Serikat yang sudah beberpa kali memamerkan robot canggihnya. Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) sebagai bagian dari pertahanan AS banyak bertanggung jawab membuat robot untuk militer. Terkadang mereka mensponsori pihak lain seperti universitas untuk menciptakan robot dengan kemampuan canggih. Berikut robot masa depan yang sedang dikembangkan AS.

1. DARPA


DARPA menugaskan tim akademisi dari universitas Virginia Tech untuk mengembangkan sebuah robot pemadam kebakaran dengan julukan SAFFiR (Shipboard Autonomous Firefighting Robot). Robot ini mampu berjalan dan memanjat dengan mulus.
SAFFiR dibekali pula dengan berbagai macam semsor  untuk mendeteksi api dan bahaya, juga kamera. Ia dioperasikan jarak jauh dengan remot kontrol.

2. Cheetah


Sesuai dengan namanya, robot ini ampu berlari sangat cepat, setidaknya jika dibandingkan dengan jenis robot lainnya. Dikembangkan oleh kontraktor Boston Dynamics, Cheetah dijuluki sebagai robot tercepat di dunia dengan kecepatan lari bisa mencapai 18 mil per jam. Ia mempunyaiempat kaki berteknologi canggih. 

3. Big Dog


















Big dog menjadi sensasi tersendiri karena kecanggihan dan bentuknya yang sangar. Robot ini ditujukan untuk mmembawa beban berat di medan pertempuran. Ia mampu berjalan cepat diberbagai medan, termasuk dikemiringan sekalipun. Bahkan ketika terpeleset di tempat yang licin, Big dog dirancang mapu menyeimbangkan diri secara otomatis. 

4. RHex


Militer AS sedang mengujicoba robot bernama Rhex yang mempunyai 6 kaki. Rhex yang dikembangkan oleh Boston Dynamics memang terinspirasi dari binatang kecoa. Ia sudah dibawa ke Afghanistan untuk dites. 
Si robot dapat melintas dan melompat hampir disegala medan. Ia mempunyai sistem kamera untuk pengintaian dan dapat dikontrol dari jarak jauh. 

5. Sand Flea


Sand Flea bisa melontarkan diri hingga mendarat di atas gedung setinggi kurang lebih 10 meter ataupun ke area perbukitan. Robot mini yang dikendalikan dengan metoe remote kontrol ini bisa melakukan sekitar 25 kali lompatan sebelum dayanya habis. Dia didesain sedemikian rupa sehingga pendaratan mulus dan tidak sampai merusak bodinya. 
Rencananya si robot akan diterjunkan ke medan perang seperti Afghanistan sebagai mata-mata. Ia juga dibekali kamera untuk mengintai situasi sekitar. 

6. Recon Scout


Recon Scout dikembangkan olehperusahaan bernama ReconRobotics yang baru saja dikontrak oleh Angkatan Laut AS senilai  USD 1,7 juta untuk mengembangkannya. Roboi ini bisa beroperasi di semua tempat dan mentransmisikan video secara real time. Ia akan membantu militer dalam mengamati berbagai lokasi, seperti bunker dan sebagainya. 

7. Petman 


Petman yang dikembangkan oleh Boton Dynamics, dideskripsikan sebagai robot pertama yang mampu bergerak secara dinamis seperti manusia. Dia dapat berjalan dengan mulus, nahkan melakukan push up. Mungkin Petman akan menjadi cikal bakal robot humanoid militer AS. 

8. Ekso Skeleton 


Ekso Skeleton adalah kerangka robot dengan berbagai macam kegunaan. Tujuan utama dikembangkannya perangkat Ekso Skeleton ini adalah untuk menambah kekuatan para tentara. entara bisa memakainya sehingga bisa lebih kuat dan terlindungi. 

9. TerraMax 


Kendaraan truk berwujud garang ini dapat beroperasi secara otonom. Ia dikembangkan oleh perusahaan bernama Oskhosh. TerraMax dirancang dapat membawa berbagai peralatan sampai memonitor wilayah-wilayah terpencil. 

10. Robojelly


Ilmuwan di University of Texas dan Virginia Tech menciptakan robot Robojelly yang bentuknya mirip dengan ubur-ubur. Belum diterangkan secara jelas apakah kegunaannya nantinya, barangkali untuk kegiatan pengintaian. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Robot Militer Masa Depan Yang Canggih"

Footer Ads