Side Ads

Melihat Kembali Era 90an VS Sekarang, Ini Perbedaannya


Banyak orang dewasa yang sempat merasakan serunya era 90-an merasa rindu ingin kembali ke masa itu. Walaupun apa-apanya serba susah dibandingkan zaman sekarang, tapi era 90-an memang patut untuk dirindukan kok. Tak dipungkiri, segala kesusahan dan keterbatasan itulah yang justru membuat orang-orang rindu ingin kembali. Mungkin anak-anak zaman sekarang kalau digiring kembali ke masa itu bisa nggak tahan ya. Banyak sekali perbedaan tahun 90-an dan saat ini. Apa saja? Berikut.

1. Gak Ada Smartphone


thenextweb.com

Jangankan smartphone, setiap kepala keluarga yang punya telepon rumah saja bisa dihitung dengan jari. Kalau sekarang kita bisa dengan mudah saling berkabar dengan teman dan keluarga yang jauh di sana. Di era 90-an, kalau nggak masuk sekolah terus mau tanya PR ya harus ke rumah teman dulu. Atau bisa telepon lewat wartel, itupun kalu si teman punya telepon rumah dan yang paling nggak enak lagi, kalau ada keluarga jauh yang menelpon tapi melalui telepon rumahnya tetangga. Si ibu tetangga nanti datang ke rumah manggil-manggil, ngasih tau kalo ada kerabat yang menelpon. Tapi kita musti masuk kamar pribadi si tetangga, karena teleponnya ada di dalam kamar. Nggak nyaman banget. 

2. Gak Ada Sosmed


marketingland.com

Mungkin sebagian dari kita nggak bisa sehari aja tanpa buka sosmed. Seperti ada yang kurang, takut ketinggalan berita atau nunggu like dan komentar orang-orang di postingan kita. Sedih dikit bikin status, seneng dikit bikin status dan juga bisa ngepoin sosmed orang yang kita suka. Ditahun 90-an, kalo lagi suka sama orang nggak bisa ngepoin si dia dengan mudah seperti sekarang. Tanya kabar lewat temannya atau datang langsung ke rumahnya.  

3. Gak Ada Google


entrepeneur.com

Bingung waktu ngerjain tugas, tinggal buka google. Apa saja ada. Google akan membantu menyelesaikan PR mu. Di era 90-an, kalau kamu bingung untuk menyelesaikan PR mu, mau nggak mau kamu harus mencarinya di buku, kamu bisa datang ke perpustakaan, datang langsung ke rumah guru, atau tanya tetangga. Kalau zaman dulu ada orang pintar di sekolah, berarti dia memang benar-benar pintar. Karena sumber belajar ya dari buku. Dia pasti rajin baca buku.   

4. Pakai Mesin Ketik


tekno.liputan6.com

Sekarang kalau mengerjakan skripsi tinggal ngetik di laptop. Kalau ada yang salah, tinggal delete. Kalau revisi, tingal edit bagian yang revisi tanpa harus ngetik dari awal. Nah, dulu kalau skripsi ada yang direvisi ya harus ngetik manual dari awal. Pasti capek banget ya. 

5. Dengerin Lagu Lewat Radio


cdn.shopify.com

Pengen dengerin lagu yang lagi hits nih. Stel radio aja. Kalau pengen denger lagu-lagu kesayangan juga harus nunggu diputarkan dulu. Atau bisa request menelpon langsung penyiar radio nya. Kalau sekarang mau dengerin lagu kesayangan gampang banget, tinggal download, selesai. Mau diputer di mana saja kapan saja bisa. 

6. Uang Koin


mediakonsumen.com

Di masa ini, abang-abang penjaga parkiran kadang suka nggak terima kalo dikasih uang koin. Sudah seperti nggak ada harganya, malah dilempar ke genteng. Kalau ingat zaman dulu, uang koin ini sangat berarti. Kalau dikumpulkan bisa buat menelpon di telepon umum dan kalau buat jajan di sekolah juga sudah lumayan.

7. Surat


pixabay.com

Ada pak pos datang ke rumah, itu salah satu moment yang paling menggembirakan. Dapat surat dari teman sekelas yang beberapa bulan lalu baru pindah ke luar kota. Lihat amplopnya bergambar lucu sekali. Kalau sekarang bisa lewat sms atau whatsapp. Jadi rasanya nggak se-special dulu.  

8. Kartu Lebaran


risnawatiririn.wordpress.com

Dulu, waktu sudah masuk bulan ramadhan bisa beli banyak kartu lebaran untuk di kirim ke teman atau kerabat yang jauh. Waktu dapat kiriman kartu lebaran dari kerabat juga rasanya menyenangkan sekali. Melihat kartunya yang unik-unik. 

9. Selfie


pixabay.com

Dulu masih zaman kamera analog. Mau selfi bisa aja sih, tapi kita nggak akan tau hasilnya sebelum gambar dicetak. Nggak seperti sekarang, kalau hasilnya jelek bisa di delete terus foto lagi. Kalau mau cetak foto pun terkadang harus antri sama orang lain. Jadi, foto bisa diambil beberapa hari kemudian. Kadang juga suka nggak sabar nunggu hasilnya. Belum lagi kalau hasilnya jelek atau terbakar pasti bikin kesel.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Melihat Kembali Era 90an VS Sekarang, Ini Perbedaannya "

Footer Ads